TNI tunggu kedatangan kapal selam KRI Ardadedali-404

Alat utama sistem persenjataan (alutsista) itu sudah diserahterimakan Mabes TNI kepada matra laut di Galangan Kapal Daewoo Shipbuilding

Kapal selam diesel electric dengan Komandan Kapal Letkol Laut (P) Widya Poerwandanu akan menuju Indonesia./Antara

Bertambahnya satu unit kapal selam kelas DSME-209 buatan Korea Selatan ke jajaran TNI AL diharapkan mampu mendukung terciptanya stabilitas keamanan kawasan dan mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Masuknya KRI Ardadedali-404 ke jajaran TNI AL sesuai dengan rencana 'minimum essential force' TNI yang telah ditetapkan dari tiga kapal selam yang dipesan Pemerintah Indonesia dari Pemerintah Korea," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah seperti dilansir Antara, Jumat (27/4) .

Kapal selam KRI Ardadedali-404 resmi memperkuat TNI Angkatan Laut (AL). Alat utama sistem persenjataan (alutsista) itu sudah diserahterimakan Mabes TNI kepada matra laut di Galangan Kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), Okpo, Korea Selatan.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu telah meresmikan KRI Ardadedali-404 pada 25 April 2018. Selanjutnya kapal selam diesel electric dengan Komandan Kapal Letkol Laut (P) Widya Poerwandanu akan menuju Indonesia.

Sementara itu, penggunaan Ardadedali sebagai nama diambil dari salah satu panah milik Arjuna, tokoh protagonis dalam Wiracarita Mahabharata. Bentuk ujung dari senjata ini seperti burung dan memiliki jiwa.