Total 500 TKI dari Malaysia tiba di Kualanamu besok

Mereka akan dibawa ke Lapangan Cadika, Medan, untuk menjalani karantina.

Petugas AVSEC PT Angkasa Pura II berjaga di terminal kedatangan mancanegara Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Rabu (8/4/2020). Foto Antara/Septianda Perdana

Sekitar 500 tenaga kerja Indonesia akan tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, dari Malaysia. Mereka akan pulang bergelombang mulai hari ini hingga besok (10/4) 

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19, Dinas Kesehatan Sumatera Utara akan mengarantina mereka di Lapangan Cadika, Kota Medan.

"Setelah mereka diperiksa kesehatannya dan mengisi kartu kewaspadaan kesehatan serta relatif steril di Bandara Kualanamu, baru kita bawa ke Cadika dan dipilih mana saja mereka berasal, sebelum kita pulangkan ke daerahnya masing-masing," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, Rabu (8/4) malam.

Menurutnya, para TKI tersebut juga akan menjalani prosedur pemeriksaan kesehatan, seperti pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan. Selain itu, barang-barang bawaan mereka juga akan mendapat perlakuan yang sama untuk mencegah penyebaran coronavirus. 

Alwi mengaku tak dapat memastikan proses tersebut akan memakan waktu berapa lama. Dia menekankan, upaya tersebut dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 yang dibawa TKI dari luar negeri.