Tuntaskan polusi udara, Sandiaga Uno ditunjuk jadi Menteri Ad Interim ESDM

Menurutnya, polusi udara mengancam reputasi sport tourism Indonesia.

Menparekraf, Sandiaga Uno, ditunjuk menjadi Menteri Ad Interim ESDM untuk menuntaskan polusi udara dalam ratas di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (14/8/2023). Dokumentasi Setkab

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, turut menghadiri rapat terbatas (ratas) tentang polusi udara di Jabodetabek di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (14/8). Padahal, masalah itu tidak menyangkut tanggung jawabnya sebagai pembantu presiden.

Sandi mengungkapkan kehadirannya itu sesuai perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Saya diundang ini sebagai Menteri Ad Interim ESDM, tapi dari segi pariwisata," katanya. Menteri ESDM dijabat Arifin Tasrif.

Sandi melanjutkan, polusi udara di Jabodetabek bakal berdampak terhadap sektor pariwisata, seperti reputasi wisata olahraga (sport tourism) Indonesia. Pangkalnya, peserta bakal berpikir berkali-kali untuk berpartisipasi saat pencemaran lingkungan terjadi.

"Akhirnya, berdampak juga pada penurunan minat untuk berwisata, terutama di wilayah Jakarta yang tetap menjadi gerbang wisatawan nomor dua setelah Bali dan Kepri (Kepulauan Riau). Tiga teratas untuk kunjungan wisatawan mancanegara," tuturnya.

Sandi pun diminta membuat kebijakan konkret. Apalagi, Jokowi sudah batuk selama empat minggu terakhir akibat polusi udara.