Untung rugi pemindahan KA jarak jauh dari Gambir ke Manggarai

Pemerintah berencana untuk memindahkan layanan angkutan Kereta Api (KA) jarak jauh yang beroperasi di Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai.

Pemerintah berencana untuk memindahkan layanan angkutan Kereta Api (KA) jarak jauh yang beroperasi di Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai. / Antara Foto

Pemerintah berencana untuk memindahkan layanan angkutan Kereta Api (KA) jarak jauh yang beroperasi di Stasiun Gambir ke Stasiun Manggarai mulai akhir 2021.

Pengamat kebijakan publik dari Universitas Padjadjaran Yogi Suprayogi mendukung rencana tersebut. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemerintah untuk mewujudkan pemindahan pelayanan itu.

Salah satunya, membuat kebijakan pelayanan transportasi yang terintegrasi. Hal ini untuk memudahkan masyarakat yang ingin menuju atau dari Stasiun Manggarai.

"Misalnya Transjakarta menjadi feeder di Stasiun Manggarai. Perlu juga ditata ulang untuk haltenya. Busnya jangan parkir di jalan raya. Saat ini yang terjadi kan seperti itu," ujar Yogi kepada Alinea.id, Jumat (11/10).

Apalagi, lanjut dia, akan ada kereta cepat Bandung-Jakarta yang akan beroperasi di Stasiun Manggarai yang menambah sumpeknya stasiun Manggarai.