Wamenkes dorong kolaborasi berbagai pihak untuk pemberdayaan pemuda

Meski masih terdapat berbagai tantangan, ada optimisme yang dilihat dari para pemuda di Indonesia .

Peringatan sumpah pemuda di Kementerian Kesehatan. Dok Youtube/Kemenkes.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendorong peningkatan potensi pemuda guna membangun ketangguhan bangsa.

Hal ini disampaikan Dante dalam sambutannya saat memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di halaman kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (28/10). 

"Kami mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat, untuk bergerak mendorong pemuda Indonesia mengembangkan berbagai potensi yang ada dan membangun kejayaan sepanjang masa," kata Dante.

Dante menuturkan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 mengusung tema Bersatu Bangun Bangsa. Menurut dia, tema ini memiliki pesan pentingnya persatuan untuk membangun ketangguhan yang dapat menjadi kekuatan melakukan pembangunan peradaban bangsa.

Dante menilai, ancaman-ancaman terhadap persatuan Indonesia selalu ada seiring dengan upaya mewujudkan cita-cita bangsa. Oleh karenanya, menurut dia, diperlukan peran para pemuda dalam memperkuat persatuan Indonesia.