Mobil kepresidenan warisan SBY kurang, dua unit baru segera datang

Mobil kepresidenan warisan SBY kurang, dua unit baru segera datang

Rangkaian kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo tiba di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8)./ Antara Foto

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, dua mobil kepresidenan yang akan digunakan untuk mendukung kegiatan Presiden dan Wakil Presiden akan segera datang. Dua mobil yang dipesan adalah mobil Mercedes-Benz.

"Berdasarkan informasi yang saya terima, sudah dilakukan prosesnya. Mungkin akhir tahun kendaraan itu sudah dapat diterima," kata Heru di Jakarta, Jumat (23/8).

Menurutnya, jika dua mobil tersebut tiba tepat waktu pada akhir tahun nanti, maka Presiden dan Wakil Presiden sudah dapat menggunakannya pada awal tahun nanti. Mobil baru tersebut adalah Mercedes-Benz S600 Guard. Adapun mobil yang digunakan saat ini adalah Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang merupakan warisan dari Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

Heru mengatakan, Presiden Jokowi menyampaikan pertimbangannya dalam memutuskan mobil pilihan. Faktor kenyamanan dan keamanan menjadi bagian penting dalam proses pertimbangan tersebut.

Meski sudah ada unit baru, mobil kepresidenan yang lama masih tetap akan digunakan. Menurut Heru, dua mobil baru yang akan datang, justru akan menjadi penambah pada unit yang sudah tersedia.