Beda tipis Peru U-17 dan Timnas Indonesia U-20

Jika Peru dicabut FIFA disusul timnya tidak lolos ke Piala Dunia U-17, lini masa PSSI terbalik.

Bassco Soyer pemain tim Peru-17 saat melawan Argentina. Foto Tangkapan layar FS2 Live

Peruntungan serupa tapi tak sama dialami tim Peru U-17 dan tim nasional PSSI U-20. Kedua tim telah mengubur mimpi memupus asa menahan malu gigit jari gagal berkiprah di Piala Dunia kelompok usia masing-masing. Mereka beda tipis, namun bernuansa sama persis.

FIFA diketahui lebih dulu memutuskan menarik Peru dari tuan rumah Piala Dunia U-17 karena ketidaksiapan penyelenggaraan. "Langkah ini dilakukan mengingat ketidakmampuan negara tuan rumah memenuhi komitmennya untuk melengkapi infrastruktur yang dibutuhkan untuk menggelar turnamen.

"Meskipun hubungan kerja yang sangat positif antara FIFA dan FPF (federasi sepak bola Peru), telah dipastikan bahwa sekarang tidak cukup waktu untuk mengamankan investasi yang diperlukan dan menyelesaikan pekerjaan yang dibutuhkan dengan pemerintah Peru sebelum tanggal dimulainya turnamen," bunyi rilis pers FIFA, Senin (3/4).

BATAL, LALU GAGAL

Penarikan FIFA bahwa Peru batal jadi tuan rumah itu kemudian disusul tim Peru U-17 gagal lolos dari kualifikasi zona Amerika Selatan (CONMEBOL). Kegagalan itu ditentukan lewat laga Peru U-17 versus Argentina U-17 di Kejuaraan U-17 Amerika Selatan 2023, Jumat (7/4) pagi WIB.