Gubernur Papua: Venue eks PON untuk lahirkan generasi emas Papua

Dengan hadirnya PON di Papua sangat membantu percepatan pembangunan di Papua. 

Stadion di Papua. Foto Kementerian PUPR

Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 telah menghabiskan biaya yang sangat besar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) Papua. Sebagian besar dari dana tersebut diperuntukan untuk pembangunan venue. 

Demi mendukung pertandingan yang berjumlah 37 cabang olahraga atau 56 disiplin nomor pertandingan, venue yang digunakan sebanyak 31. Dengan sembilan venue yang disiapkan oleh pemerintah pusat, 13 venue disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Papua, enam venue disiapkan oleh pemerintah kabupaten dan tiga venue disiapkan oleh pihak swasta.

“Saya yakin di kalangan masyarakat banyak yang saling berbisik mengenai pembangunan venue PON XX ini. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa investasi sebesar itu adalah investasi untuk masa depan Papua sebagai provinsi olahraga,” ujar Gubernur Papua Lukas Enembe yang dikutip dari situs resmi ponxx2021papua, Selasa (12/10). 

Hal tersebut dilakukan oleh Gubernur Enembe demi membentuk putra-putri Papua sebagai atlet yang berkarakter juara, atlet yang pantang menyerah untuk mencapai hasil yang diinginkan dan akan melahirkan banyak generasi emas Papua di bidang olahraga. 

“Saya menginginkan venue-venue yang kita bangun ini adalah menjadi kawah candradimuka dalam pembentukan atlet berprestasi Papua,” kata Gubernur Enembe.