Timnas titipan "ordal" ke Piala Asia 2023?

Situs AFC lebih memilih Vietnam menjadi tim Asia Tenggara yang akan menikmati turnamen yang sukses.

Suporter fanatik timnas Indonesia. Foto Al Jazeera

Akun "Pengamat Sepak Bola" di Instagram pada Selasa (19/12) mengunggah daftar pemain tim nasional Indonesia untuk pemusatan latihan ke Turki. Unggahan itu kemudian viral karena disambut komentar pedas pemain Borneo FC, Diego Michels, mantan bek kanan timnas U-23.

"Titipan FC," tulis Diego (dia menuliskanya dengan huruf kecil semua). Komentar itu mengundang 957 tanda suka dan 284 balasan ketika diakses, Kamis (21/12). Gayung Diego bersambut tanggapan netizen meramaikan kolom Instagram "Pengamat Sepak Bola" yang memiliki 1,5 pengikut dunia maya.

Buka parameter STY

Naluri profesional Diego bisa ditelusuri. Pemain yang dititipkan "orang dalam" mungkin kentara terselip dalam daftar unggahan tersebut. Jadi, sudah tugas PSSI, selain gagal prestasi, mestinya juga menyikapi keresahan publik. Praktik "ordal" harus segera ditutup dan tidak boleh terjadi. Berarti, PSSI kini harus membuka bagaimana parameter nilai pemain pilihan STY.

Di sisi lain, bukankah konon ada Satgas Anti-Mafia Bola? Ada dua lagi, bukan satu: satgas antimafia sepakbola independen dan satgas antimafia sepakbola Bareskrim Polri. Siapa "ordal" yang meresahkan itu tentu bisa ditangkap dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.