Majelis Salafiyah Banten minta Jokowi bangun Museum Kitab Kuning

Jokowi pun menyambut baik permintaan tersebut, dan menginginkan para santri melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

Ribuan pendukung capres nomor urut satu memadati Stadion Maulana Yusuf Kota Serang, dalam kampanye yang dihadiri Capres Nomor urut satu Joko Widodo, di Banten, Minggu./AntaraFoto

Majelis Salafiyah Banten menyatakan akan berjuang memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin di Banten 17 April. Namun mereka meminta agar Jokowi membangun sebuah Museum Kitab Kuning di Serang jika Jokowi-Ma'ruf kembali terpilih 17 April nanti.

Ketua Dewan Majelis Pesantren Salafiah Banten KH Matin Syarkowi mengatakan, Museum Kitab Kuning sangat diperlukan bagi para santri di Banten untuk media pembelajaran fiqh dan peradaban Islam.

"Kenapa Museum Kitab Kuning, pak? Karena di situ banyak ajaran warisan para aulia yang mendukung kemerdekaan negara kita," ujar KH Matin Syarkowi.

Jokowi pun menyambut baik permintaan tersebut, dan menginginkan para santri melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan memanfaatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang akan dilaunchingnya jika terpilih.

"Bagi para santri yang ingin melanjutkan kuliah ke Kairo Mesir tapi tak ada biaya bisa menggunakan KIP kuliah untuk melanjutkannya," ucapnya.