THN AMIN: Anies unggul telak dalam debat perdana Pilpres 2024

Anies juga dinilai bisa memaparkan visi misi dan menjawab aneka pertanyaan yang diajukan secara sistematis.

Debat Calon Presiden Pertama. YouTube/KPU RI

Ketua Tim Hukum Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (THN AMIN), Ari Yusuf Amir, yang hadir di arena Debat Calon Presiden Pertama menilai bahwa Calon Presiden Anies Baswedan unggul telak dari dua kontestan lainnya dalam Debat Calon Presiden Putaran Pertama (Selasa, 12/12).

Anies yang mengusung Gerakan Perubahan dinilai tampil sangat impresif sejak babak awal dengan penyampaian visi misi yang berani.  “Kita bisa lihat bahwa dengan bahasa yang lugas, Pak Anies menyebut saat ini penegakan hukum masih tajam ke bawah tapi tumpul ke atas. Dari sini kita melihat bahwa Pak Anies menunjukkan rasa keberpihakan pada rakyat kecil, dan beliau berjanji akan menegakkan hukum yang seadil-adilnya. Selain itu, ia juga menyoroti tentang kebebesan berbicara yang masih belum sepenuhnya terjamin,” kata Ari Yusuf Amir.

Anies juga dinilai bisa memaparkan visi misi dan menjawab aneka pertanyaan yang diajukan secara sistematis, lancar, jelas dan dengan bahasa yang sederhana. Sementara kandidat lain justru terlihat sangat emosional dan terasa mengambang saat menjawab hal-hal yang dirasa sensitif.

“Pak Anies selalu tenang dalam berbicara dan bisa menghadirkan bahasa penjelas yang sangat runut sehingga mudah dipahami. Kalau kita cermati, beliau juga selalu bisa memanfaatkan waktu yang diberikan oleh moderator secara maksimal, sampai detik terakhir untuk memberikan penjelasan yang tuntas,” tegas Ari.

Sebelumnya, tiga Calon Presiden yang berkompetisi pada Pemilu 2024 yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo telah melangsungkan Debat Pertama Calon Presiden pada Selasa, 12 Desember 2023 malam. Tema debat perdana ini adalah “Pemerintahan, Hukum, HAM,Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Penanganan Disinformasi dan Kerukunan Warga”.