Adian Napitupulu diusulkan jadi menteri Jokowi

Nama politikus PDI Perjuangan itu diusulkan para aktivis 98 kepada Jokowi.

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) bersama sejumlah aktivis 98, termasuk di antaranya Adian Napitupulu (kedua kiri) saat menghadiri Halal bihalal Presiden bersama Aktivis 98, di Jakarta, Minggu (16/6). /Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara halal bihalal yang digelar para aktivis 98 di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Minggu (16/6). Saat memberikan sambutan, Jokowi menyinggung sumbangsih para aktivis di pemerintahan dan Gedung DPR. 

"Berkaitan dengan aktivis 98, ini adalah pelaku sejarah, memang sebagian besar sudah ada yang menjabat bupati, DPR, walikota atau jabatan lain. Tapi, saya juga mendengar ada yang belum. Saya lihat menteri belum," kata Jokowi.

Mendengar pidato Jokowi itu, para aktivis 98 yang hadir sontak meneriakkan nama politikus PDI-Perjuangan Adian Napitupulu sebagai bentuk dukungan. "Adian, Adian, Adian," kata mereka.

Jokowi tidak langsung menanggapi usulan para aktivis tersebut. Namun demikian, ia mengatakan, tak hanya menjabat sebagai menteri, aktivis 98 yang memiliki kapasitas juga potensial ditunjuk sebagai duta besar dan menduduki jabatan di perusahaan milik negara. 

"Tetapi, saya selalu melihat yang bersangkutan memang harus memiliki kapasitas, kepemimpinan, karakter kuat dalam mengeksekusi, memiliki keberanian sebagai eksekutor dalam setiap keputusan yang sulit seperti apa pun," ujar dia.