Elite parpol mulai ramaikan bursa cagub Jakarta, persaingan ketat?

Beberapa nama mulai bermunculan, seperti Ridwan Kamil, Ahmed Zaki Iskandar, dan Ahmad Sahroni.

Google Maps/Jakarta Tourism

Beberapa elite partai politik mulai meramaikan bursa bakal calon gubernur (cagub) DKI Jakarta 2024-2029. Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua DPD Partai Golkar Jakarta, Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Iskandar, misalnya.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, bahkan telah memasang baliho "OTW Jakarta" yang menyimbolkan dirinya siap berkontestasi sebagai cagub di ibu kota. Sekalipun belum ada pernyataan siap maju, tetapi ia mengakui bahwa Partai Golkar memberikan mandat tersebut kepadanya dan Zaki.

Selain RK dan Zaki, Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni, juga meramaikan bursa cagub Jakarta. Ia bahkan memulai "perang urat saraf" dengan RK.

"Kalau saya, kan, sudah di Jakarta. Kalau RK doang, mah, gampang, dah! Lawannya terlalu mudah," ucapnya, Kamis (23/3). Kendati begitu, ia belum bisa memastikan akan turun ke gelanggang atau tidak lantaran NasDem hingga kini belum mengeluarkan keputusan resmi.

Wakil Ketua Umum NasDem, Ahmad Ali, dikabarkan juga siap bersaing dengan Sahroni untuk memperebutkan tiket cagub. Ini ditandai dengan majunya ia sebagai calon legislatif (caleg) di DPR dari daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta I pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sebelumnya, Ali maju dari dapil Sulawesi Tengah (Sulteng).