Gaya kepemimpinan pengaruhi kemajuan daerah

Salah satu kepala daerah di Sulawesi Utara yang memiliki gaya kepemimpinan efektif, elegan tetapi tetap merakyat adalah Bupati Minut.

Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambuan (baju biru) sedang berbincang dengan pedagang pasar.facebook.com/vonnieAP

Gaya kepemimpinan merupakan salah satu unsur fundamental dari pemerintah daerah. Keberhasilan pemerintah daerah mencapai tujuan antara lain, ditentukan gaya kepemimpinan.

Banyak daerah yang kemajuannya kurang maksimal, karena kurang mampu beradaptasi pada situasi-situasi yang terus berubah dan dituntut untuk dapat efektif dan elegan pada perubahan tersebut, tetapi tetap merakyat. 

Salah satu caranya dengan sering berinteraksi dengan rakyat agar mengetahui aspirasi dan yang menjadi keluhan mereka, kemudian mengadaptasikan pada kebijakan. Gaya kepemimpinan seperti itu sangat dibutuhkan masyarakat Sulawesi Utara. 

Salah satu kepala daerah di Sulawesi Utara yang memiliki gaya kepemimpinan efektif, elegan tetapi tetap merakyat adalah Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambuan. Kedekatan Vonnie dengan masyarakat dapat terlihat dari seringnya Vonnie secara langsung mendatangi masyarakat. 

Bahkan Vonnie tak segan berbaur dengan masyarakat sampai kalangan bawah. Blusukan ala Vonnie tersebut sudah menjadi warna rutin dari wanita yang juga sangat dekat dengan kaum milenial hingga lansia ini.