Internal PAN masih berdebat tentukan arah politik

Kader PAN mengusulkan ada Rakernas untuk menentukan sikap politik usai keputusan sengketa Pilpres 2019 di MK dibacakan.

Putusan gugatan pilpres di MK akan menjadi landasan arah politik PAN./Instagram PAN

Ke mana arah bandung politik Partai Amanat Nasional (PAN) masih belum diumumkan. PAN belum memutuskan apakah tetap berada di Koalisi Adil Makmur bersama Prabowo Subianto-Sandiaga Uno atau merapat ke koalisi Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin. PAN baru akan memutuskan usai rapat kerja nasional (rakernas) partai. 

Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay menegaskan, sampai hari ini PAN masih berada di kubu Prabowo-Sandi. PAN belum memutuskan untuk berbalik badan mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Putusan gugatan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di Mahkamah Konstitusi yang diajukan pasangan Prabowo-Sandi akan menjadi landasan sikap PAN ke depan. "PAN akan melakukan evaluasi, mulai dari hasil pemilihan legislatif dan pilpres," ucap Saleh pada Rabu (26/6). 

MK rencananya bakal menggelar sidang pembacaan putusan sengketa hasil Pilpres 2019 di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (27/6) besok. Pembacaan putusan dilakukan lebih cepat dari rencana semula, Jumat (28/6) lusa.

Diakui Saleh, perolehan kursi PAN di parlemen dalam Pemilu 2019 menyusut sekitar empat kursi dibandingkan Pemilu 2014. Partai sedang melakukan evaluasi untuk menentukan arah langkah ke depan.