Masih ada secercah harapan selamatkan Garuda Indonesia

Anggota DPR desak pemerintah mencari solusi terbaik guna menyelamatkan maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Pesawat Garuda Indonesia tipe Boeing 737 Max 8 terparkir di Garuda Maintenance Facility AeroAsia, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. Foto Reuters/Willy Kurniawan.

Masih ada secercah harapan untuk menyelamatkan maskapai penerbangan Garuda Indonesia dari ancaman kebangkrutan. Garuda Indonesia diyakini masih bisa diselamatkan jika pandemi Covid-19 tidak melanda dunia dan Indonesia.

"Kalau situasi normal dan enggak ada pandemi, masih bisa untuk mengangkat performa Garuda dan memenuhi kewajiban utang," ujar politikus Partai Demokrat Herman Khaeron dalam keterangannya, Rabu (27/10/2021).

Untuk itu, Anggota Komisi VI DPR RI  ini mendesak pemerintah mencari solusi terbaik guna menyelamatkan maskapai penerbangan ini, dengan memberikan suntikan modal dan  mencarikan jalan keluar dari tumpukan utang.

Garuda Indonesia, jelas Herman, terlilit utang dari banyak pihak, diperkirakan mencapai Rp70 triliun. "Masalahnya pandemi ini berkepanjangan, utang bertambah, negosiasi dengan lessor buntu," bebernya.

Menurut Herman, para pemangku kepentingan harus bersama bahu-membahu untuk menyelamatkan Garuda Indonesia. Juga berupaya menghasilkan kesepakatan terbaik agar Garuda bisa melangsungkan usahanya dan mencari jalan yang tepat untuk memenuhi kewajibannya membayar utang.