Pemerintah didorong serap produk ventilator karya anak bangsa

Produk inovasi ventilator Covid-19 dalam negeri belum laku di pasaran.

Ilustrasi ventilator/Foto Alinea.id/MT Fadillah.

Pemerintah didorong untuk menyerap produk inovasi ventilator buatan anak bangsa melalui pengadaan pemerintah atau government procorument, dan membangun atmosfer yang kondusif.

Hal ini sekaligus untuk menanggapi keluhan Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodjonegoro, terkait produk inovasi ventilator Covid-19 tidak laku di pasaran lantaran dokter masih belum berani menggunakannya.

"Sehingga produk inovasi dari para peneliti domestik kita dapat diserap pasar dalam negeri," ujar anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto, dalam keterangannya, Sabtu (26/12).

Dia juga meminta pemerintah untuk memikirkan skema insentif bagi para pengguna inovasi domestik. Tujuannya, agar kapasitas produksi industri dalam negeri terserap di pasaran dan mampu menghasilkan produk inovasi domestik yang baik.

"Kalau sisi permintaan tidak tumbuh, maka pada sisi penyediaan produk inovasi domestik ini akan mandeg stagnan. Bagaimana mungkin produk inovasi dapat berkembang dengan baik kalau produk itu tidak ada yang beli," bebenrya.