Pilgub Jateng, Gibran diprediksi takkan menang dengan mudah

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, sebelumnya menyatakan siap maju pada Pilgub Serentak 2024.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka. Twitter/@PEMKOT_SOLO

Partai Demokrat memprediksi Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka takkan, takkan menang dengan mudah jika maju pada Pemilihan Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2024. Dalihnya, akan ada kejutan-kejutan dalam kontestasi kelak.

"Pandangan bahwa secara matematika politik, di atas kertas Gibran akan menang mudah jika menjadi kontestan, apalagi jika menggandeng pasangan yang tepat, sah-sah saja. Namun, dalam politik praktis sering ada kejutan-kejutan," ujar Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani, Senin (23/1).

Dirinya lantas mencontohkan dengan pengalaman Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, pada Pilgub 2018. Padahal, dia merupakan petahana  dan dijagokan berbagai lembaga survei.

"Sebagian besar lembaga survei memotret perolehan Ganjar-Yasin di atas 70%, sementara Sudirman-Ida kurang dari 20%. Namun, hasilnya kemudian perolehan Ganjar-Yasin hanya 58,78% dan Sudirman-Ida 41,22%, padahal keduanya terbilang baru untuk panggung politik Jawa Tengah," tuturnya.

Menurut Kamhar, hal tersebut menunjukkan politik bersifat dinamis. Sekalipun bisa diprediksi dan terukur, tetapi selalu saja ada kejutan.