Kabar ribuan orang tiba di Indonesia positif Covid-19, testing perlu ditingkatkan

Sebanyak 1.092 WNI dan 122 WNA terkonfirmasi positif Covid-19 setibanya di Indonesia.

Calon penumpang pesawat saat mengantre untuk lapor diri di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (10/5/2020)/Foto Antara/Muhammad Iqbal

Pemerintah diminta tingkatkan pemeriksaan atau testing Covid-19 di pintu masuk Indonesia seperti bandar udara, hingga pelabuhan laut. Hal ini ditujukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dari negara lain menyusul kabar ribuan orang positif Covid-19 setibanya di Indonesia.

"Berita yang menyebutkan ribuan orang tiba di Indonesia positif Covid-19 harus menjadi peringatan bagi kita bersama, terutama disiplin menerapkan testing Covid-19 di bandara dan pelabuhan laut, serta pintu-pintu masuk di perbatasan antarnegara harus terus ditingkatkan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/2).

Merujuk data Satgas Covid-19 pada 28 Desember 2020 hingga 18 Februari 2021, tercatat sebanyak 1.092 WNI dan 122 WNA terkonfirmasi positif Covid-19 setibanya di Indonesia, meski memiliki surat keterangan bebas Covid-19 dari negara asal.

Menurut Lestari, temuan ribuan surat keterangan bebas Covid-19 yang tidak valid dari para pendatang dari luar negeri itu harus direspons dengan langkah yang serius. Apalagi, kata dia, ada kabar penyebaran mutasi virua Covid-19 jenis baru di sejumlah negara.

Kendati demikian, Lestari meminta pemerintah untuk kedepankan sikap hati-hati dalam mencegah Covid-19, terlebih penanganan di dalam negeri belum sepenuhnya dapat dikendalikan.