SBY-Prabowo bertemu lagi, matangkan koalisi?

Pertemuan ini diduga melanjutkan pertemuan pendahuluan yang belum menghasilkan kepastian soal koalisi bersama.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) sebelum melakukan pertemuan tertutup di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (30/7)./ Antarafoto

Prabowo Subianto menerima kedatangan Susilo Bambang Yudhoyono di rumahnya, Senin (30/7). Kedua politisi tersebut sedianya akan bertemu pada Minggu (29/7) malam. Namun, karena kesibukan memimpin agenda partai masing-masing keduanya urung bertemu. Mereka menjadwalkan ulang untuk bertemu pada pagi ini.

Mantan Presiden Indonesia ke-6 tersebut datang ke rumah Prabowo pukul 10.00 pagi didampingi anak keduanya, Edhie Baskoro Yudhoyono. Ia disambut oleh Prabowo dengan jabat tangan sambil menyapa awak media yang telah menunggu di halaman rumah Prabowo.

Anak tertua SBY Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang santer dikabarkan akan menjadi calon wakil presiden dari koalisi Prabowo, tidak tampak hadir. Selain Ibas, tampak pula hadir Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

Sebelumnya mereka bertemu Selasa pekan lalu (24/7) di rumah SBY kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Pertemuan pertama keduanya di kediaman SBY belum menghasilkan kesepakatan perihal koalisi bersama.

Dalam pernyataan bersama malam itu, SBY menyebutkan tiga poin penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut. Poin pertama soal Pemilu 2019 yang damai, jujur, dan adil; poin kedua soal isu-isu nasional; dan ketiga barulah soal koalisi. SBY sendiri mengatakan Demokrat membuka pintunya lebar-lebar untuk berkoalisi dengan Gerindra.