Strategi gudang kebohongan ala Trump dipakai kampanye?

Strategi kampanye firehouse of falsehood atau gudang kebohongan yang diterapkan oleh Donald Trump di AS diduga digunakan di Indonesia.

Strategi kampanye firehouse of falsehood atau gudang kebohongan yang diterapkan oleh Donald Trump di AS diduga digunakan oleh Capres di Indonesia. / Istimewa

Strategi kampanye firehouse of falsehood atau gudang kebohongan yang diterapkan oleh Donald Trump di AS diduga digunakan oleh Capres di Indonesia.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Maruf Amin melihat adanya indikasi menggunakan strategi kampanye "Firehouse of Falsehood (FoF)" oleh tim kampanye ataupun pasangan calon lain. 

Wakil Ketua TKN Jokowi-Maruf, Abdul Kadir Karding menilai, indikasi tersebut nampak dengan adanya pernyataan-pernyataan yang bombastis namun tidak berdasar alias palsu dan datanya lemah. 

"Misalnya soal tempe (se) tipis ATM, negara gagal, kemudian harga-harga melambung. (Juga narasi) negara (akan) dikuasai asing," katanya kepada Alinea.id, Jumat (16/11). 

Menurut dia, kampanye-kampanye yang membuat gaduh dan ketakutan di tengah masyarakat itulah salah satu ciri strategi firehouse of falsehood.