Survei capres Indikator Politik: Ganjar ungguli Anies

Indikator catat elektabilitas Ganjar 15,7%, Anies Baswedan 14,6%.

Gubernur Jakarta, Anies Baswedan (kiri); Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (tengah); dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Instagram/@ganjar_pranowo

Survei Indikator Politik Indonesia menempatkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) dengan elektabilitas tertinggi. Kendati berada di urutan puncak, namun elektabilitas gubernur itu cenderung stagnan dibanding survei tahun lalu.

Dalam survei yang digelar selama kurang lebih sepekan itu, 13 hingga 17 April 2021, Indikator mencatat elektabilitas Ganjar berada di urutan pertama sebesar 15,7%, mengungguli elektabilitas Anies Baswedan sebesar 14,6%. Disusul Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto 11,1%, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 10%, dan Sandiaga Uno 8,1%.

"Antara Pak Ganjar dan Mas Anies, bahkan dengan Pak Prabowo, bahkan dengan Pak Ridwan Kamil, itu bedanya tidak terlalu signifikan," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, dalam jumpa pers daring, Selasa (4/5).

Selain nama di atas, ada sejumlah politisi lainnya yang terjaring dalam survei Indikator, yakni Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 6,4%, Ketua DPR RI Puan Maharani 2,9%, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 2,8 %, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 1%.

"Nah, Pak Airlangga, ini kali pertama saya kira menyentuh 1%. Biasanya nol koma," jelas Burhanuddin.