Survei KedaiKOPI, Anies dan Prabowo bersaing ketat jadi presiden di Pilpres 2024

Survei KedaiKOPI digelar pada 16-24 November 2021 dengan total 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Ilustrasi. Alinea.id

Hasil survei KedaiKOPI menyebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi tokoh dari kalangan kepala daerah dan kalangan menteri memiliki peluang kuat untuk menjadi presiden di pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Berdasarkan temuan survei yang dikutip Alinea.id, Minggu (19/12), elektabilitas Anies berada di urutan pertama dari kalangan kepala daerah dengan nilai 37,4%. Di urutan kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan elektabilitas sebesar 34,5%.

Kemudian diikuti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (13,8%) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (4,7%) di urutan ketiga dan keempat. Adapun tokoh lain yang bukan nama kepala daerah memiliki elektabilitas sebesar 3,0%. Sementara mengaku tidak tahu sebesar 2,3%.

Dari kalangan menteri, Prabowo memiliki elektabilitas teratas sebesar 47,5%. Di bawahnya ada nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sandiaga Uno (21,9%) dan Menteri Sosial Tri Rismaharini (12,6%) di urutan kedua dan ketiga.

Nama Menteri BUMN Erick Thohrir (6,5%) dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (1,6%) berada di urutan keempat dan kelima. Muncul pula tokoh lain tapi bukan dari kalangan menteri memiliki elektabilitas 3,0%. Sedangkan mengaku tidak tahu sebesar 6,9%.