Survei litbang Kompas jadi acuan AHY cocok dampingi Anies Baswedan

Elektabilitas AHY di survei litbang Kompas yang mencapai 6,6% menjadi acuan sesumbar pemilihan cawapres.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Ketum Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan pertemuan di Kantor DPP Partai Demokrat, Jumat (7/10). Alinea.id/Marselinus Gual.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, menilai hasil survei litbang Kompas menunjukkan jika Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), merupakan sosok yang tepat menjadi cawapres mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Bagi kami, hasil survei ini semakin menunjukkan kalau AHY memang sosok cawapres yang tepat untuk Anies," ujar Herzaky kepada wartawan, Jumat (28/10).

Hasil Survei Litbang Kompas untuk periode Oktober 2022 menyebutkan nama AHY masuk dalam lima besar sosok cawapres yang paling diminati masyarakat pada gelaran Pilpres 2024 mendatang. AHY memiliki nilai elektabilitas 6,6%.

Menurut Herzaky, elektabilitas AHY sebesar 6,6 % sebagai indikator kalau sosok AHY memang memiliki keterpilihan yang tinggi di masyarakat Indonesia. Meningat, putra sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu bukan seorang pejabat publik.

"Posisi Ketum PD (Partai Demokrat), AHY, di urutan ke-5 dengan elektabilitas sebesar 6,6 persen ini terbilang tinggi. Satu-satunya sosok yang bukan pejabat publik. Bahkan, selisih dengan figur-figur di atasnya, relatif tipis," kata dia.