Getol ke daerah, survei Polstat: Elektabilitas Prabowo ungguli Ganjar dan Anies

Polstat juga mencatat sentimen positif terhadap Prabowo kian menguat.

Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Alinea.id/Aisya Kurnia

Elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, mengungguli dua pesaing terdekatnya, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, dalam hasil survei Political Statistics (Polstat) periode Februari 2023. Salah satu faktornya karena kerap ke berbagai daerah dan membangun komunikasi dengan masyarakat.

Kedua, sambung peneliti senior Polstat, Apna Permana, pertemuan Prabowo dengan beberapa tokoh yang memiliki efek elektoral. Misalnya, Wali Kota Solo sekaligus putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa.

"Ketiga, sinyal endorsement dari Presiden Jokowi terhadap pencapresan Prabowo yang semakin kuat dan transparan. Keempat, berpalingnya dukungan dari Jokowi Mania," ucapnya dalam paparannya, Selasa (22/2). "Kelima, mulai munculnya nama Prabowo dalam arena sirkuit Musyawarah Rakyat (Musra) di berbagai daerah."

Dalam survei Polstat, elektabilitas Prabowo menguat menjadi 33% pada Februari 2023. Padahal, hanya menyentuh 30,2% dalam riset periode September 2022.

Sementara itu, tingkat keterpilihan Ganjar dan Anies disebut mandek. Masing-masing meraih 20,6% dan 19,4%.