Survei: Prabowo, Ganjar dan Anis bersaing ketat di bursa capres 2024

Posisi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di urutan kempat (6,85).

Sandiaga Uno, Anies Baswedan, Prabowo Subianto. Foto Facebook Sandiaga Uno

Survei opini publik Indikator Politik Indonesia menyebutkan terdapat tiga nama yang bersaing ketat pada bursa calon presiden 2024. Berdasarkan survei opini publik Indikator Politik Indonesia pada Desember 2021, elektabilitas Prabowo sebesar 24,1%, Ganjar 20,8%, dan Anies 15,1% pada simulasi 19 nama.

"Tiga nama ini mencapai dua digit ke atas, yang lain masih satu digit," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi melalui telekonferensi, Minggu (9/1).

Di bawah tiga nama terkuat ini, posisi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di urutan kempat (6,85). Ia bersaing ketat dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di urutan kelima dengan elektabilitas sebesar 5,5%.

Sementara elektabilitas Menparekraf Sandiaga Uno di urutan keenam dengan elektabilitas 3,9%, diikuti Menteri Sosial Tri Rismaharini di urutan ketujuh yakni sebesar 3,2%.

Adapun beberapa nama elektabilitasnya masih di bawah 2%, yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 1,9%, Ketua DPR Puan Maharani 1,8%, Menteri BUMN Erick Thohir 1,0%, Menteri Keuangan Sri Mulyani 1,0%, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 0,9% dan Menkopolhukam Mahfud Md 0,9%.