sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

104 toko akan semarakkan UKM Virtual Expo Jateng

Kegiatan dilaksanakan secara daring (online) melalui situs web ukmvirtualexpo.com.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Selasa, 20 Okt 2020 19:09 WIB
104 toko akan semarakkan UKM Virtual Expo Jateng
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 534.266
Dirawat 66.752
Meninggal 16.825
Sembuh 445.793

Sebanyak 104 toko akan berpartisipasi dalam UKM Virtual Expo yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) secara daring pada 25-27 Oktober 2020. Kegiatan bakal dilaksanakan melalui situs web ukmvirtualexpo.com.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Jateng, Ema Rachmawati, menyatakan, masyarakat sudah dapat melihat dan membeli produk yang dipamerkan para pedagang.

“Sudah (bisa diakses dan transaksi). Lihat saja di link itu," ujarnya melansir situs web Pemprov Jateng, Selasa (20/10).

Terdapat empat kategori produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam situs web tersebut, yakni batik, fesyen, dan kecantikan; makanan dan minuman; tas, sepatu, dan kerajinan kulit; serta furnitur dan dekorasi rumah. Setiap toko memuat nama usaha dan pemilik, foto produk, hingga nomor telepon penjual.

Ema menambahkan, UKM yang berpartisipasi mendapatkan fasilitas kepesertaan UVO tanpa dipungut biaya. Pun berkesempatan produknya dilihat konsumen di seluruh dunia, bahkan berpeluang dijual langsung oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan istri Wakil Gubernur Jateng, Nawal Nur Taj Yasin.

Sementara itu, masyarakat yang mengikuti kegiatan bakal mendapat keuntungan bebas ongkos kirim (ongkir) selama kegiatan berlangsung. "Bekerja sama dengan QPosin-aja dan pemberian doorprize kepada viewer."

Adapun hadiah lawang (doorprize) yang disiapkan panitia kepada pengunjung berupa tujuh sepeda, satu sepeda motor, tiga televisi, dan dua kipas angin.

Dirinya menerangkan, kegiatan ini bertujuan memasarkan produk kepada konsumen secara luas dengan memanfaatkan teknologi. "Mengeluarkan UKM dari zona nyaman berjualan secara konvensional dan menjadi terbiasa dengan pasar online," lanjutnya. 

Sponsored

Kepala Bidang Pemasaran Dinkop UKM Jateng, Julie Emmy Lia, menambahkan, calon konsumen dapat langsung berkomunikasi dengan penjual melalui nomor WhatsApp yang tertera.

Berita Lainnya