sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

20 perusahaan antre melantai di bursa

28 perusahaan mencatatkan sahamnya di BEI dari periode Januari 2020 sampai 15 Juni 2020.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 17 Jun 2020 09:22 WIB
20 perusahaan antre melantai di bursa
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 127083
Dirawat 39082
Meninggal 5765
Sembuh 82236

Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan, hingga 20 Juni 2020, sudah ada 20 perusahaan dari berbagai sektor usaha, mengantre untuk melakukan pencatatan perdana saham atau initial public offering (IPO) di bursa.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna, merinci tujuh perusahaan yang berencana melantai tersebut berasal dari sektor perdagangan, jasa, dan investasi. Lima perusahaan berasal dari sektor properti, real estat, dan konstruksi bangunan. Kemudian delapan perusahaan lainnya merupakan perusahaan yang bergerak pada sektor agrikultur, industri dasar dan kimia, keuangan, serta barang konsumer.

"Kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, memiliki tantangan tersendiri dan berdampak pada semua aspek. Tidak terkecuali pasar modal dan perusahaan yang mencari pendanaan melalui IPO," kata Nyoman melalui pesan instan, Selasa (17/6) malam.

Jika melihat dari jumlah perusahaan yang melakukan permohonan pencatatan saham saat ini, Nyoman yakin optimisme pengusaha akan pemulihan perekonomian dan pasar modal Indonesia masih besar.

Sponsored

Kepercayaan dan optimisme juga muncul dari para investor yang ditunjukkan dari pemulihan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Tercatat selama satu bulan terakhir, IHSG telah mengalami kenaikan hingga 10,47%.

"BEI sangat mengapresiasi para calon perusahaan tercatat, perusahaan tercatat dan juga investor serta stakeholder lainnya, yang turut serta membangun dan memberikan kepercayaan kepada pasar modal Indonesia, terutama di era pandemi Covid-19 ini," ujarnya.

Untuk diketahui, 28 perusahaan mencatatkan sahamnya di BEI dari periode Januari 2020 sampai 15 Juni 2020. Selain itu, juga terdapat 27 issuer akan menerbitkan 31 emisi obligasi atau sukuk yang berada dalam pipeline di BEI. 

Berita Lainnya