logo alinea.id logo alinea.id

Penguatan rupiah diproyeksikan berlanjut

pelaku pasar merespons positif rencana kebijakan BI mempertahankan nilai tukar Rupiah.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Selasa, 28 Agst 2018 10:22 WIB
Penguatan rupiah diproyeksikan berlanjut

Nilai tukar Rupiah diperkirakan bergerak dikisaran Rp14.619-14.610 per US$. Hal ini disebabkan sentimen terdepresiasinya US$ terhadap mata uang dunia lainnya. Dari dalam negeri, kembalinya dana asing untuk berinvestasi di dalam negeri menjadi penyebabnya.  

Pengamat Pasar Modal Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Reza Priyambada mengatakan, pembalikan arah Rupiah diharapkan dapat bertahan untuk membentuk tren kenaikan lanjutan. 

"Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah," ujar Reza dalam risetnya yang diterima Alinea.id, Selasa (28/8).

Pada penutupan perdagangan Senin (27/8), pergerakan kurs Rupiah terhadap US$ melemah ke posisi Rp14.620 per US$.

Sponsored

Pelaku pasar juga merespons pernyataan The Fed di akhir pekan lalu yang mengatakan akan ada kenaikan bertahap suku bunga The Fed, seiring membaiknya ekonomi AS. Pernyataan tersebut mengurangi ketidakpastian rencana The Fed terhadap suku bunganya. 

Sementara itu, pelaku pasar merespons positif rencana kebijakan BI mempertahankan nilai tukar Rupiah. Terutama dengan memastikan ketersediaan valas serta mempermurah swap rate BI dan swap hedging.