logo alinea.id logo alinea.id

Angkasa Pura II bidik 3 juta penumpang hingga H+3 Lebaran

Musim libur tahun ini peningkatan pergerakan penumpang terbagi menjadi dua periode.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Minggu, 09 Jun 2019 19:28 WIB
Angkasa Pura II bidik 3 juta penumpang hingga H+3 Lebaran

PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi jumlah penumpang di bandar udara (bandara) yang dikelola perusahaan bisa mencapai 3 juta orang hingga H+3 Lebaran. AP II juga memproyeksikan 23.500 pergerakan pesawat pada bandara AP II.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan untuk musim libur tahun ini peningkatan pergerakan penumpang terbagi menjadi dua periode. Pertama, yaitu ketika libur Lebaran Idul Fitri diawal bulan Juni 2019. Kedua, saat liburan anak sekolah atau sekitar minggu ketiga Juni 2019.

AP II mencatat puncak arus mudik terjadi di H-4 atau Sabtu (1/6) dengan jumlah penumpangnya naik sebesar 30% dibanding dengan sebelum angkutan lebaran. 

“Untuk arus balik diprediksi akan jatuh pada H+3 atau tanggal 9 Juni 2019 dengan persentasi kenaikan yang sama,” kata Awaluddin dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (9/6).

VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II (Persero) Yado Yarismano mengatakan jumlah pemudik dengan pesawat memang biasanya semakin meningkat pada akhir pekan menjelang idulfitri. Hal ini karena adanya cuti bersama dan libur sekolah. Begitu pula arus balik yang akan meningkat pada akhir pekan.

Tepat waktu

Sementara, Yado mengatakan moda transportasi pesawat unggul dari sisi kecepatan waktu sehingga pemudik lebih fleksibel memilih jadwal keberangkatan. Namun demikian, AP II mengimbau pada arus balik nanti, agar pemudik tiba lebih awal di bandara sekitar 1-2 jam sebelum jadwal penerbangan agar seluruh proses penerbangan lancar.

“Di samping itu, kami juga menyarankan agar pemudik bisa melakukan check-in terlebih dahulu melalui mobile atau website apabila maskapai menyediakan fasilitas tersebut. Di Soekarno-Hatta juga tersedia fasilitas self check-in untuk memudahkan pemudik,” ujar Yado.
Sementara, Awaluddin juga mengatakan AP II menyediakan berbagai fasilitas baru di Bandara Soekarno-Hatta guna memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk liburan. Fasilitas tersebut di antaranya lounge digital yang dikenal dengan nama iMATE Lounge di Terminal 1, 2, dan 3; Halal Park di Terminal 3, dan Hotel Kapsul di Terminal 3.

Sponsored

AP II juga memiliki aplikasi Indonesia Airports yang dapat diunduh di iOS dan Android guna memudahkan untuk mengetahui berbagai fasilitas dan tenant yang ada di bandara, memesan taksi, hingga mengetahui jadwal keberangkatan kereta bandara dan Skytrain di Soekarno-Hatta dan lainnya.

Berikut sejumlah fasilitas baru yang ada di Soekarno-Hatta.
1. i-Millennial Airport Travel Experience Lounge (iMATE Lounge)
2. Airsport yang merupakan area bermain game online 
3. Halal Park di Plaza Terminal 3
4. Hotel Kapsul di Terminal 3
5. Sleeping Pods di Terminal 3
6. Skuter listrik GrabWheels di Terminal 3
7. Reading corner