logo alinea.id logo alinea.id

Bandara Suta sesuaikan tarif layanan jasa penumpang

Penyesuaian tarif ini sesuai dengan terbitnya surat Menteri Perhubungan

Hermansah
Hermansah Kamis, 15 Feb 2018 17:45 WIB
Bandara Suta sesuaikan tarif layanan jasa penumpang

PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten berencana menyesuaikan tarif pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U) atau Passenger Service Charge (PSC).

Senior Manager Of Branch Communication and Legal Soekarno-Hatta Airport Erwin Reviantou menjelaskan penyesuaian diberlakukan per 1 Maret 2018. Kebijakan itu bagian dari upaya meningkatkan pelayanan bagi para pengguna jasa trasportasi udara.

"Penyesuaian tarif ini sesuai dengan terbitnya surat Menteri Perhubungan Nomor PR 303/1/1 PHB 2018 Tanggal 18 Januari 2018 tentang PJP2U," katanya seperti dilansir Antara.

Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang sudah bertahun-tahun tidak menyesuaikan tariff pelayanan PSC. Oleh sebab itu, per awal Maret segera menyesuaikan PSC. 

Saat ini tarif PSC di terminal 3 Internasional dikenakan Rp200.000, setelah disesuaikan menjadi Rp230.000. Termina domestik tetap Rp130 ribu. Sedangkan Terminal 1 dari Rp50.000 disesuaikan menjadi Rp65.000. Terminal 2 domestik dari Rp60.000 menjadi Rp85.000. Terminal 2 Internasional tidak ada penyesuaian yakni Rp150.000.

AP II sedang berupaya meningkatkan pelayanan fasilitas. Agar pengguna jasa semakin nyaman dengan bertambahnya fasilitas baru yang secara terus menerus berinovasi. Seperti adanya self check in timbangan bagasi untuk layanan self check-in kiosk, video contact center, vending machine, walking distance digital Information sampai kereta layang (skytrain).

Fasilitas lain yang juga bertambah pasca penyesuaian tarif PSC adalah ruang tunggu yang semakin luas dan nyaman. Toilet yang tetap bersih, adanya penambahan petugas customer service, customer service mobile di setiap terminal, peningkatan fasilitas security yang tergolong canggih dan penambahan petugas keamanan, guna menjamin keamanan yang lebih baik lagi.

Memasuki 2018, Angkasa Pura mencanangkan berbagai program strategis dalam RKAP 2018. Dalam rangka mengakselerasi target pertumbuhan kinerja usaha triple double digit yang mencakup Revenue, Ebitda dan Traffic (REFi). Dimana target revenue perusahaan sebesar Rp9,4 triliun (tumbuh sebesar 17,6%), Ebitda sebesar Rp3,68 triliun (tumbuh sebesar 11,6%) serta traffic passenger sebesar 119 juta penumpang per tahun (tumbuh sebesar 12,9%).

Sponsored

Rencana investasi yang dilakukan perseroan di tahun ini untuk menunjang program tersebut mencapai Rp 18,8 triliun. Dialokasikan masing-masing untuk peningkatan sisi udara yakni sebesar Rp7,7 triliun, untuk peningkatan sisi darat (terminal) yakni sebesar Rp5,4 triliun dan untuk fasilitas penunjang yakni Rp5,6 triliun.

Di 2018 PT Angkasa Pura II (Persero) akan fokus pada program Airport Digital Journey Experience .Dimana perseroan akan mengoptimalkan digital infrastructure dalam setiap touchpoint pelayanan di bandara. Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada penumpang dan pengguna jasa di 14 bandara yang dikelola korporasi. Sekaligus menciptakan customer experience yang lebih baik dan peningkatan Airport Service Quality Level.