sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Asing beli bersih Rp239 miliar, IHSG ditutup naik ke level 6.089

Saham Bank Mandiri, Bank BCA, dan Telkom menjadi tiga saham yang paling banyak dibeli investor asing.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 15 Jun 2021 16:49 WIB
Asing beli bersih Rp239 miliar, IHSG ditutup naik ke level 6.089

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,14% ke level 6.089 pada perdagangan Selasa (15/6). 

Tercatat sebanyak 19,4 miliar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp10,9 triliun. Sebanyak 183 saham naik ke zona hijau dan 334 saham turun ke zona merah. 

Investor asing melakukan aksi beli bersih senilai Rp239 miliar di seluruh pasar dan senilai Rp213 miliar di pasar reguler. Saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) menjadi tiga saham yang paling banyak dibeli investor asing.

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebut, dari dalam negeri, rilis neraca perdagangan yang mencatatkan surplus, ikut membawa IHSG ditutup pada zona hijau hari ini. 

Sponsored

"Aksi investor asing dalam beberapa pekan terakhir cukup menarik perhatian kami. Pemulihan yang terjadi saat ini memberikan pemicu optimistis bagi pelaku pasar yang diiringi dengan aksi beli investor asing pada saham–saham berbasis perbankan," tulis Pilarmas Sekuritas. 

Adapun mengacu pada rilis data neraca perdagangan, kinerja ekspor Mei ditopang oleh naiknya permintaan terhadap produk komoditas dari negara mitra dagang, seiring dengan naiknya harga komoditas. Di lain sisi, kenaikan impor diiringi dengan naiknya impor bahan baku penolong sebesar 79,1%. Sedangkan, barang modal mengalami kenaikan sebesar 35%. 

Hal ini mengindikasikan adanya kenaikan produktivitas dari dalam negeri, dengan tren ekspansi pada sektor riil menjadi indikasi terhadap membaiknya produksi dalam negeri.

Berita Lainnya