sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Asing borong saham BBRI dan CTRA cs, IHSG melaju

Asing juga tercatat membeli saham-saham PTBA, INDF, dan ADRO.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 24 Agst 2020 17:14 WIB
Asing borong saham BBRI dan CTRA cs, IHSG melaju
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 365.240
Dirawat 64.032
Meninggal 12.617
Sembuh 289.243

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik 0,08% ke level 5.277 pada Senin (24/8).

Tercatat sebanyak 15,8 miliar lembar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi Rp9,3 triliun. Sektor properti yang naik 1,39% dan keuangan yang naik 0,48% menjadi pendorong penguatan IHSG hari ini.

Investor asing tercatat melakukan penjualan bersih senilai Rp638 miliar di seluruh pasar. Adapun saham-saham dengan penjualan bersih investor asing terbesar adalah PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BBNI), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (TLKM), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR). Sementara saham-saham dengan pembelian bersih terbesar adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI), PT Ciputra Development Tbk. (CTRA), PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF), dan PT Adaro Energy Tbk. (ADRO).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan IHSG ditutup menguat dengan pergerakan yang sangat minim diakibatkan oleh minimnya sentimen dari dalam negeri maupun luar negeri.

Sponsored

Sementara itu analis Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus mengatakan menguatnya IHSG seiring dengan menguatnya indeks regional Asia dan Amerika Serikat. Dukungan hasil survei IHS Markit menunjukkan aktivitas bisnis memberikan katalis positif.

"Sektor manufaktur dan jasa memperlihatkan adanya ekspansi. Hal tersebut tergambar dari IHS Manufaktur AS yang meningkat menjadi 53,6 dari sebelumnya 50,9 dan Markit US Services PMI naik menjadi 54,8 dari 50,0," kata Nico.

Sementara dari dalam negeri, lanjut Nico, rilis data ekonomi dalam negeri pada pekan lalu dan perkembangan vaksin Covid-19 masih memberikan ruang melajunya IHSG hari ini.

Berita Lainnya