sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Asing borong saham ICBP hingga BBCA, IHSG terangkat ke zona hijau

Saham Indofood CBP Sukses Makmur, Vale Indonesia, dan Bank Central Asia menjadi incaran investor asing hari ini di pasar reguler.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Senin, 12 Jul 2021 17:00 WIB
Asing borong saham ICBP hingga BBCA, IHSG terangkat ke zona hijau

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,64% ke level 6.078 pada perdagangan Senin (12/7).

Tercatat, sebanyak 17 miliar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp12,2 triliun. Sebanyak 237 saham naik ke zona hijau dan 274 saham turun ke zona merah.

Investor asing melakukan aksi beli bersih senilai Rp872 miliar di seluruh pasar dan senilai Rp102 miliar di pasar reguler. Saham PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP), PT Vale Indonesia Tbk. (INCO), dan PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menjadi tiga saham yang paling banyak dibeli oleh investor asing. 

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan, dari dalam negeri, shortfall pajak menjadi hal yang dicermati oleh pelaku pasar. Hal tersebut dapat memberikan dampak pada anggaran belanja pada tahun depan, dengan pandemi yang masih diperkirakan membebani belanja pemerintah di tahun mendatang. 

Sponsored

Selain itu, berita terkait pemerintah Indonesia yang kembali mendapatkan vaksin Moderna dari Amerika Serikat (AS) juga menjadi perhatian investor. Kedatangan vaksin tersebut merupakan bentuk kerja sama multilateral melalui Covax Facility, di mana AS berkomitmen memberikan vaksin ke Indonesia.

Vaksin tersebut direncanakan bagi tenaga kesehatan sebagai vaksinasi tahap ketiga, karena tenaga kesehatan merupakan salah satu garda terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19, sehingga perlu terlindungi secara maksimal. 

Selain itu, di tengah gelombang lonjakan kasus Covid-19, Kementerian Kesehatan menyampaikan persediaan obat-obatan yang digunakan untuk penanganan pasien Covid-19 mencukupi. 

Berita Lainnya