sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Awal bulan, begini cara cek tagihan listrik pascabayar

Langkah untuk melakukan pengecekan adalah pelanggan terlebih dahulu mengunduh aplikasi PLN Mobile di smartphone.

Anisatul Umah
Anisatul Umah Selasa, 04 Jan 2022 13:48 WIB
Awal bulan, begini cara cek tagihan listrik pascabayar

Pengecekan tagihan listrik bisa dilakukan secara mandiri bagi pelanggan pascabayar. Awal bulan ini menjadi waktu yang tepat melakukan pengecekan tagihan listrik di bulan sebelumnya.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi mengatakan, dengan pembayaran di awal bulan akan memudahkan pelanggan dalam menikmati fasilitas kelistrikan.

Dia mewanti-wanti agar pelanggan jangan sampai telat melakukan pembayaran, karena pelanggan akan dikenakan denda dan dapat dilakukan pemutusan sambungan listrik.

"Para pelanggan kini tak perlu lagi menunggu petugas PLN mengirimkan tagihan secara manual. Para pelanggan bisa langsung mengakses PLN Mobile untuk mengecek tagihan listrik yang harus dibayar," kata Agung, Selasa (4/1).

Agung menjelaskan, langkah untuk melakukan pengecekan adalah pelanggan terlebih dahulu mengunduh aplikasi PLN Mobile di smartphone. Setelah berhasil menginstall aplikasi PLN Mobile lalu lakukan login.

"Apabila belum memiliki akun, pilih "Daftar" lalu isi nama lengkap, ID Pelanggan atau nomor meter, lokasi, nomor ponsel, email aktif, dan password," jelasnya.

Setelah masuk ke dashboard akun, pilih tab "Informasi" yang berada di halaman depan. Klik "Informasi Tagihan dan Token Listrik" dan sistem akan menampilkan tagihan listrik dan jumlah pemakaiannya serta riwayat tagihan.

Sementara untuk pembayaran setidaknya ada tiga pilihan menu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan atau membeli token listrik.

Sponsored

- Opsi pertama

1. Pilih menu "Kelistrikan"
2. Pilih ID Pelanggan yang akan dilakukan proses pembayaran rekening listrik, atau
3. Menuju pada menu "Pemberitahuan" (untuk ID pelanggan pascabayar yang telah didaftarkan pada akun PLN Mobile).

- Opsi kedua
 
1. Pilih Menu "Token dan Pembayaran"
3. Masukkan Nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila belum terdaftar pada akun PLN Mobile), atau
3. Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila sudah terdaftar pada akun PLN Mobile)

- Opsi ketiga

Menuju pada fitur "Pemberitahuan", apabila pelanggan telah mendaftarkan ID Pelanggan pada PLN Mobile akan tertampil pemberitahuan antara lain salah satunya Tagihan Listrik (Pasca Bayar). Setelah itu, pelanggan akan ditujukan untuk melakukan pembayaran. Berikut caranya:

* Akan tampil daftar tagihan, pilih tagihan yang terbit, pilih "PILIH TAGIHAN"
* Akan muncul detail tagihan pilih "LANJUTKAN PEMBAYARAN"
* Muncul halaman pembayaran, Pelanggan dapat memilih metode pembayaran dengan pilih "GANTI METODE PEMBAYARAN". Apabila sudah memilih metode pembayaran, pilih 'BAYAR"
* Akan tampil Batas Waktu Pembayaran, selesaikan pembayaran, apabila telah selesai, pilih "LIHAT TRANSAKSI SAYA", akan terhubung ke halaman riwayat transaksi.
* Pelanggan akan menerima notifikasi di HP-nya.

Lebih lanjut Agung mengatakan, PLN akan terus melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan mendapatkan fasilitas kelistrikan.

"Maka dari itu, bagi pelanggan PLN yang belum memiliki PLN Mobile dapat segera mengunduh secara gratis melalui PlayStore atau AppStore untuk mendapatkan informasi dan layanan kelistrikan terkini," ucapnya. 

Berita Lainnya
×
tekid