logo alinea.id logo alinea.id

BCA siapkan uang tunai Rp50,6 triliun jelang lebaran

Terjadi penurunan kebutuhan uang tunai karena nasabah sudah beralih ke non-tunai (cashless)

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Jumat, 17 Mei 2019 15:25 WIB
BCA siapkan uang tunai Rp50,6 triliun jelang lebaran

PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) menyediakan uang tunai untuk kebutuhan lebaran tahun ini mencapai Rp50,6 triliun.

Direktur BCA Santoso Liem mengatakan jumlah tersebut hanya naik sekitar 5% dibandingkan tahun lalu. "Nasabah sudah mengarah ke digital, maka kenaikan tunainya hanya 5%," ujarnya di Jakarta, Jumat (17/5).

Santoso mengaku, kenaikan jumlah uang tunai yang disediakan BCA untuk kebutuhan lebaran tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

"Setiap tahun biasanya ada kenaikan (penyediaan uang tunai baru) sekitar 8%. Penurunan ini sejalan dengan upaya kami dalam mengedukasi nasabah secara cashless," ujar dia. 

Lebih lanjut, Santoso mengatakan saat ini total transaksi nasabah menggunakan digital sudah mencapai 98,4%. Rata-rata transaksi menggunakan fasilitas yang ada seperti m-banking dan ATM non tunai.

"Sehingga, penyaluran uang tunai ke ATM dan transaksi tunai di cabang turun dari 2% menjadi 1,5%," katanya.

Santoso menjelaskan, dari total Rp50,6 triliun tersebut, mayoritas untuk kebutuhan uang tunai di seluruh mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik BCA. Lalu, senilai Rp3 triliun akan disediakan untuk penukaran uang tunai pecahan baru. "Kami siapkan uang pecahan kecil (UPK) senilai Rp3 triliun tersebar secara nasional," katanya.

Serapan hingga hari ke-12 Ramadan

Sponsored

Dalam kesempatan lain, Bank Indonesia menyatakan hingga hari ke-12 Ramadan, realisasi penarikan uang tunai mencapai Rp37 triliun atau 17% dari total jumlah yang disiapkan untuk Ramadan dan libur Lebaran 2019.

"Untuk keperluan Ramadan dan libur lebaran, BI telah menyiapkan uang tunai Rp217,1 triliun dan pada hari ke-12 ini sudah keluar sekitar Rp37 triliun," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi saat mengunjungi kas keliling terpadu di kawasan Monumen Nasional Jakarta, Jumat.

Rosmaya juga mengatakan, sebelumnya realisasi penarikan uang tunai pada pekan pertama Ramadan mencapai Rp22,2 triliun atau 10,2% dari total kebutuhan sebesar Rp217,2 triliun.

"Biasanya akan ramai pada pekan keempat untuk kegiatan penukaran ini," katanya.

Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebanyak Rp217,1 triliun untuk Ramadan dan Lebaran 2019. Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 13,5% dibandingkan periode yang sama tahun 2018 sebesar Rp191,3 triliun.

Rosmaya menjelaskan bahwa kenaikan sebesar 13,5% tersebut lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

"Dalam lima tahun terakhir naiknya selalu 13,3%. Khusus tahun ini naik 13,5%. Ternyata masyarakat masih bergerak aktif untuk merayakan Idul Fitri dan konsumsi masyarakat juga tumbuh dengan baik," katanya.

Peningkatan ini, menurut dia, disebabkan oleh tiga alasan utama, yakni libur lebaran selama 10 hari, dari 30 Mei sampai 9 Juni, kenaikan gaji aparatur sipil negara (ASN), serta pencairan tunjangan hari raya (THR). (Ant)