sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BI akan bimbing Suriname penerapan ekonomi syariah

Kesepakatan kerjasama terjadi dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018.

Valerie Dante
Valerie Dante Sabtu, 13 Okt 2018 10:54 WIB
BI akan bimbing Suriname penerapan ekonomi syariah
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 502.110
Dirawat 63.722
Meninggal 16.002
Sembuh 422.386

Bank Indonesia dan Bank Sentral Suriname, menyepakati kerja sama dalam bentuk dukungan teknis. Kesepakatan yang terjadi dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 ini, menyatakan BI akan memberi dukungan teknis terkait ekonomi dan keuangan syariah pada Bank Sentral Suriname. 

Ada pula dukungan lain berupa capacity building, yang akan diberikan dalam bentuk partisipasi dalam program lokakarya ataupun seminar internasional, kunjungan studi ke BI, serta knowledge sharing dalam bentuk konferensi video. Kesepakatan ini dilakukan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Rosmaya Hadi, dan Gubernur Bank Sentral Suriname, Glenn H. Gersie.

“Dukungan teknis dalam ekonomi dan keuangan syariah tersebut diberikan BI untuk menjawab permohonan dari Bank Sentral Suriname,” demikian bunyi rilis Bank Indonesia yang diterima Alinea.id pada Jumat (12/10).

BI akan bekerja bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam melaksanakan dukungan ini. Dukungan teknis yang BI berikan, akan berupa topik kebijakan moneter, statistik makroprudensial dan moneter, serta instrumen bank sentral berupa likuiditas syariah jangka pendek.

Sponsored

Sebagai anggota negara-negara South East Asian Central Banks (SEACEN), program BI dalam bidang pembelajaran saat ini, adalah berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Bank Sentral di negara-negara CMLV (Kamboja, Myanmar, Laos, dan Vietnam). Sejalan dengan komitmen mereka untuk meningkatkan ekonomi dan keuangan syariah di dalam dan luar negeri, permintaan capacity building dari Suriname disambut baik oleh BI.

Pemberian dukungan teknis dalam bentuk pembelajaran merupakan salah satu bentuk koordinasi dan kerja sama antarnegara, dalam hal ini antar-bank sentral, yang diharapkan dapat menjadi salah satu kunci menghadapi berbagai tantangan global.
 

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Senin, 23 Nov 2020 16:42 WIB
Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Minggu, 22 Nov 2020 14:48 WIB
Berita Lainnya