sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BI dorong akses UMKM ke pasar global

BI mendorong perluasan akses para pelaku UMKM, khususnya pengrajin kain tradisional ke pasar nasional dan bahkan global.

Cantika Adinda Putri Noveria
Cantika Adinda Putri Noveria Jumat, 20 Jul 2018 13:32 WIB
BI dorong akses UMKM ke pasar global
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 128776
Dirawat 39082
Meninggal 5824
Sembuh 83710

Pelaku UMKM sudah mulai memperluas pasarnya ke luar negeri, bukan hanya Asia, tapi juga ke Eropa dan Amerika Serikat.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam sambutannya menjelaskan pameran yang sudah terselenggara tiga kali itu, tidak saja untuk mengangkat karya kreatif UMKM. Tetapi juga mendorong perluasan akses para pelaku UMKM, khususnya pengerajin kain tradisional ke pasar nasional dan bahkan global.

BI menerapkan tiga langkah untuk mendorong akses UMKM ke pasar global. Di antaranya, UMKM langsung memasarkan produknya kepada pembeli luar negeri.

Kemudian juga menghubungkan UMKM dengan pelaku usaha lebih besar (eksportir), dan terakhir, menghubungkan UMKM dengan desainer yang telah memiliki pasar internasional. 

"Tiga langkah ini berhasil membuka UMKM memiliki segmen pasar baru di pasar global. Hal ini menunjukkan besarnya potensi sektor ekonomi kreatif di Indonesia," papar Perry, Jumat (20/7).

Sementara  Ibu Negara Iriana Joko Widodo, mengatakan, UMKM adalah tulang punggung nasional yang mempekerjakan banyak orang. Seiring persaingan global, UMKM harus terus meningkatkan inovasinya. Harus bisa juga untuk mengembangkan online.

UMKM terbukti menjadi salah satu jenis usaha yang tahan terhadap gejolak ekonomi global. UMKM juga mampu menciptakan banyak lapangan kerja. Itulah sebabnya pemerintah beranggapan peran UMKM harus terus ditingkatkan, bahkan sudah menjadi tulang punggung nasional.

Itulah sebabnya UMKM harus menjadi wadah untuk inovasi dan penggerak inovasi. Inovasi cara berproduksi yang baik, membuat variasi-variasi produk, membuat kemasan, serta memasarkan produk.

Sponsored

Pada kesempatan itu, Iriana meresmikan juga pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2018 yang diselenggarakan Jumat-Minggu, 20-22 Juli 2018 di Exhibition Hall A, Jakarta Convention Center, Jakarta. Pameran tersebut menghadirkan koleksi lengkap kain tradisional Indonesia atau nusantara seperti batik, tenun, ulos, dan songket serta kerajinan tradisional dari seluruh pengrajin UMKM binaan Bank Indonesia yang tersebar di seluruh nusantara.

Berita Lainnya