sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

BI: Inflasi Maret 2020 terkendali sebesar 0,11%

Bank Indonesia menyatakan harga bahan pokok stabil di pasaran.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 24 Mar 2020 18:33 WIB
BI: Inflasi Maret 2020 terkendali sebesar 0,11%
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Berdasarkan hasil survei pemantauan harga (SPH) yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) sepanjang Meret 2020, inflasi hingga minggu ketiga Maret 2020 tercatat sebesar 0,11% (month to month/mtm).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan hal ini menandakan stabilnya harga bahan pokok di pasaran karena cukupnya ketersediaan bahan pasokan makanan di pasaran.

"Inflasi berdasarkan survei pemantauan harga kami dari minggu pertama sampai minggu ketiga di Maret terjaga rendah. Inflasi sampai minggu ketiga Maret tercatat sebesar 0,11%," katanya dalam teleconference di Jakarta, Selasa (24/3).

Perry juga mengatakan, jika dilihat secara tahunan, inflasi Maret 2020 masih terjaga rendah di bawah target 3% (yoy), yaitu sebesar 2,98% (year on year/yoy).

Sponsored

"Ini membuktikan ketersediaan bahan pasokan cukup terimakasih kepada pemerintah bersama-sama telah menyediakan kebutuhan makanan agar tetap terkendali," ujarnya.

Jika pertumbuhan inflasi tersebut bertahan hingga akhir Maret, maka inflasi sepanjang Maret secara tahunan akan sama dengan pertumbuhan inflasi pada bulan Februari 2020 yang sebesar 2,98% (yoy).

Sementara, secara bulanan akan mengalami penurunan yang lebih besar dibandingkan dengan bulan Februari yang sebesar 0,28% (mtm).

Berita Lainnya