sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BI pertahankan suku bunga, IHSG ditutup menguat 1,78%

Keputusan ini dinilai investor dapat mendukung stabilitas pasar keuangan.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 22 Jul 2021 17:07 WIB
BI pertahankan suku bunga, IHSG ditutup menguat 1,78%

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 1,78% ke level 6.137 pada perdagangan Kamis (22/7).

Tercatat, sebanyak 25,7 miliar saham diperdagangkan dengan nilai transaksi mencapai Rp11,6 triliun. Sebanyak 333 saham naik ke zona hijau dan 174 saham turun ke zona merah. 

Investor asing melakukan aksi beli bersih senilai Rp779 miliar di seluruh pasaar dan senilai Rp691 miliar di pasar reguler. Saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Adaro Energy Tbk. (ADRO), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menjadi tiga saham yang paling banyak dibeli oleh investor asing di pasar reguler. 

Riset penutupan Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan, pelaku pasar saham Asia merespons positif rilis kinerja keuangan perusahaan di Amerika Serikat. Rilis keuangan tersebut mencerminkan adanya prospek pemulihan ekonomi, meskipun saat ini penyebaran virus corona masih menyelimuti pergerakan pasar saham global

Sponsored

Sementara dari dalam negeri, pergerakan IHSG yang cenderung menguat sepanjang perdagangan hari ini mengiringi optimisme pelaku pasar terhadap kebijakan moneter dari Bank Indonesia, yang dinilai dapat mendukung stabilitas pasar keuangan. 

"Bank Indonesia memutuskan untuk menahan suku bunga BI 7DRRR tetap berada pada 3,5%. Keputusan tersebut seiring dengan perkiraan inflasi yang tetap rendah dan stabilitas nilai tukar rupiah yang terjaga, serta upaya untuk memperkuat pemulihan ekonomi nasional," tulis Pilarmas Sekuritas.

Berita Lainnya