logo alinea.id logo alinea.id

BI prediksi pertumbuhan ekonomi 5,1%-5,5% di tahun depan

Bank Indonesia pertumbuhan ekonomi masih positif karena permintaan domestik naik.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Kamis, 22 Agst 2019 17:37 WIB
BI prediksi pertumbuhan ekonomi 5,1%-5,5% di tahun depan

Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2020 akan berada di kisaran 5,1% dan 5,5%. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan pihaknya optimistis dengan pertumbuhan ekonomi ke depan. 

Perry menuturkan permintaan domestik mengalami kenaikan karena dipengaruhi konsumsi yang tinggi dan investasi yang cenderung stabil.

"Faktor-faktor tersebut turut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujar Perry dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (22/8).

Perry menyebut, sejumlah daerah seperti Kalimantan, Sumatera, Bali dan Nusa Tenggara, serta Jawa menjaga pertumbuhan ekonomi nasional tetap stabil.

Di samping itu, Perry menjelaskan, bauran kebijakan yang diambil Bank Indonesia yang akomodatif dalam hal penyusunan kebijakan fiskal dan juga reformasi struktural turut menyumbang pada pertumbuhan ekonomi.

"Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi 2019 berada di bawah titik tengah kisaran 5,0-5,4% dan meningkat menuju titik tengah kisaran 5,1%-5,5% pada tahun 2020," tuturnya.

Untuk diketahui, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2019 bergerak di angka 5,05% (yoy). Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu di angka 5,07% (yoy).

Perry Warjiyo mengatakan perlambatan pertumbuhan ekonomi  tersebut disebabkan oleh ekspor yang mengalami kontraksi akibat perang dagang.

Sponsored

"Memang mengalami perlambatan karena masih adanya situasi perang dagang dan pertumbuhan ekonomi global yang melambat," katanya.

Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Riwayat Stasiun Gambir, dahulu jadi tumpuan

Senin, 14 Okt 2019 21:28 WIB
Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Denny Siregar: Saya bekerja tanpa komando

Sabtu, 12 Okt 2019 07:57 WIB