sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BI prediksi tingkat inflasi April 2020 capai 0,2%

Dari hasil survei Bank Indonesia, inflasi pada April terkendali karena harga sejumlah bahan pokok di pasaran tetap rendah.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Kamis, 09 Apr 2020 18:25 WIB
BI prediksi tingkat inflasi April 2020 capai 0,2%
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 75699
Dirawat 36455
Meninggal 3607
Sembuh 35638

Bank Indonesia (BI) melakukan survei pemantauan harga untuk sejumlah bahan pokok melalui 46 kantor BI di seluruh Indonesia. Dari survei tersebut diperkirakan inflasi April tumbuh 0,2% (month to month/mtm).

"Kami perkirakan berdasarkan survei pemantauan harga sampai minggu kedua bahwa inflasi April sekitar 0,2% mtm," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam video conference, Kamis (9/4).

Perry mengungkapkan inflasi pada April masih terkendali karena harga sejumlah bahan pokok di pasaran tetap rendah. Dengan demikian, lanjutnya, secara tahunan inflasi April tercatat di angka 2,90%.

"Ini menunjukkan bagaimana faktor yang berpengaruh ke inflasi itu terkendali rendah. Faktor itu tentu saja dalam konteks ini bagaimana pemerintah pusat dan daerah juga berkoordinasi untuk pemenuhan kebutuhan bahan pokok," ujarnya.

Sponsored

Selain itu, tingkat inflasi yang rendah juga didorong oleh proyeksi pertumbuhan ekonomi yang menurun menjadi 2,3%, sehingga kapasitas produksi mengalami kesenjangan output. 

Dengan demikian, sisi permintaan akan lebih rendah dibandingkan penawaran, sehingga harga-harga pembentuk inflasi tetap akan terkendali.

"Konteks permintaan akan rendah. Rupiah memang akan sangat kecil sekali ditransmisikan pada kenaikan harga," ucapnya.

Berita Lainnya