sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

BI rilis uang baru Rp450 triliun cegah penyebaran coronavirus

Bank Indonesia (BI) menarik uang yang lama dan menggantikan dengan uang baru.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Kamis, 26 Mar 2020 18:18 WIB
BI rilis uang baru Rp450 triliun cegah penyebaran coronavirus
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Bank Indonesia (BI) telah melakukan karantina terhadap uang lama yang beredar di masyarakat sebagai langkah preventif untuk mencegah penularan coronavirus atau Covid-19 di tengah masyarakat.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, untuk mengganti uang lama yang telah dikarantina tersebut, pihaknya telah mengeluarkan uang baru dengan total nilai sebesar Rp450 triliun.

Dia pun menuturkan telah bekerja sama dengan 46 bank untuk mulai menyediakan stok uang tersebut di sejumlah anjungan tunai mandiri (ATM) sejak awal Maret lalu.

"Kami sudah berkerja sama dengan perbankan, sudah suplai uang di anjungan tunai mandiri (ATM) dengan yang baru sejak awal Maret. Sudah kami karantina uang yang sudah disetorkan perbankan," katanya dalam teleconference, Kamis (26/3).

Untuk itu, dia memastikan bahwa stok uang yang beredar di tengah masyarakat cukup untuk jangka waktu enam bulan ke depan.

"Uang baru yang telah disetorkan BI sebesar Rp450 triliun. Stok uang yang kami edarkan cukup untuk enam bulan ke depan," ujarnya.

Namun demikian, dia mengimbau kepada masyarakat agar bertransaksi menggunakan sistem pembayaran non tunai. Hal ini untuk mencegah terjadinya penularan virus Covid-19 di tengah masyarakat karena berkurangnya kontak fisik antar orang per orang.

"Makanya saat ini masyarakat umum sebaiknya gunakan sistem pembayaran nontunai, lebih cepat, efisien, menggunakan QRIS sehingga enggak harus keluar rumah untuk bayar," tukasnya.

Sponsored
Berita Lainnya