sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Bliss Properti siapkan capex Rp40 miliar tahun ini

PT Bliss Properti Indonesia Tbk. (POSA) akan merambah kota-kota kecil (secondary city) untuk membangun pusat perbelanjaan (mall).

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 10 Mei 2019 16:32 WIB
Bliss Properti siapkan capex Rp40 miliar tahun ini

PT Bliss Properti Indonesia Tbk. (POSA) menyiapkan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai Rp30-40 miliar tahun ini. Anggaran ini diperoleh dari kas internal dan dana hasil penawaran saham perdana (initial public offering/IPO).

Direktur Utama Bliss Properti Gracianus Johardy Lambert mengatakan dana capex tersebut nantinya akan digunakan untuk operasional, perbaikan peralatan, dan peremajaan gedung-gedung di Kota Ambon.

Bliss Properti akan merambah kota-kota kecil (secondary city) untuk membangun pusat perbelanjaan (mall). Menurut Johardy, kota-kota besar seperti Jabodetabek sudah terlalu padat, sehingga potensi pertumbuhannya minim.

"Kita arahnya itu membuat mal di kota kedua kota ketiga, karena memang visi kita ingin membantu pemerintah dalam menggerakkan ekonomi di desa-desa dan memang potensinya berkembang," kata Gracianus di Jakarta, Jumat (10/5).

Corporate Secretary Bliss Properti Astried Damayanti mengatakan pihaknya memproyeksikan pertumbuhan usaha sebesar 10% hingga 20% pada tahun 2019 walaupun bisnis properti sedang lesu.

Menurut Astried, perusahaan akan membuka mall baru di Jambi pada Oktober 2019. Perusahaan telah menggelontorkan investasi sebesar Rp260 miliar, yang berasal dari internal dengan porsi 20% dan pinjaman bank sebesar 80%.

"Kami berharap mal baru yang akan dibuka bisa mendukung pertumbuhan bisnis kami," kata Astried.

Di sisi lain, Astried mengaku perusahaan tahun ini baru bisa menekan kerugian sebesar 5% dari tahun lalu. Salah satu upaya Bliss untuk menekan kerugian, kata Astried, dengan meminta restrukturisasi bank untuk menurunkan biaya bunga yang dikenakan pada perusahaan. Tahun ini Bliss menargetkan bisa menekan biaya bunga sebesar 10%-20%.

Sponsored

"Tapi untuk tahun ini, kami belum bisa untung,” kata dia.

Hingga saat ini, Bliss telah memiliki 5 mal dan 1 hotel, yaitu Ambon City Center, Tanjungpinang City Center, Lombok City Center, Ponorogo CIty Center yang tersambung dengan hotel mereka, dan Jambi City Center yang akan dibuka Oktober mendatang.