sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BPJS Ketenagakerjaan diminta fokus rekrutmen kepesertaan

Sosialisasi dan public education dilakukan demi peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Marselinus Gual
Marselinus Gual Rabu, 26 Mei 2021 15:28 WIB
BPJS Ketenagakerjaan diminta fokus rekrutmen kepesertaan

Anggota Ombudsman RI Hery Susanto menegaskan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan perlu mengintensifkan sosialisasi dan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Hery menekankan agar BPJS Ketenagakerjaan lebih fokus pada rekrutmen kepesertaan dibanding pengembangan dana investasi.

"Dengan adanya Inpres Nomor 2 Tahun 2021 maka BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan sumber dana dari APBN/APBD. Sehingga perlu penganggaran untuk sosialisasi dan public education," ujar Hery dalam sebuah diskusi, Rabu (26/5).

Sosialisasi dan public education dilakukan demi peningkatan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. "Sebaiknya BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya fokus pada pengembangan dana untuk investasi, namun harus lebih fokus mengejar target kepesertaan dan pelayanan klaim," ujar dia.

Dia mendorong adanya koordinasi dan kerja sama antara Ombudsman RI dengan pemerintah baik pusat maupun daerah, penyelenggara pelayanan publik dalam hal ini BPJS Ketenagakerjaan dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

Sponsored

Menanggapi hal tersebut, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendari Minarni Lukman mengakui memang kurang dalam sosialisasi di masa pandemi Covid-19 ini. Namun untuk lingkup dengan pemerintah daerah, dia mengaku sudah melakukan koordinasi dan kerja sama.

Berita Lainnya

Penampakan Redmi K50 terkuak

Selasa, 27 Jul 2021 11:14 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB