logo alinea.id logo alinea.id

BRI pastikan kantor perwakilan di Hong Kong tetap beroperasi

Demonstrasi di Hong Kong telah terjadi sejak awal Juni 2019 dan menimbulkan kericuhan.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 14 Agst 2019 20:05 WIB
BRI pastikan kantor perwakilan di Hong Kong tetap beroperasi

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) menyatakan kantor perwakilan mereka di Hong Kong tak terdampak oleh aksi unjuk rasa besar-besaran warga Hong Kong.

Direktur Utama BRI Suprjarto mengatakan hingga saat ini, kantor perwakilan BRI di Hong Kong belum berstatus sebagai kantor cabang yang memberikan layanan perbankan ritel.

"Sampai saat ini belum terdampak. Kebetulan BRI Hong Kong statusnya belum cabang sehingga tidak melayani ritel," kata Suprajarto di Gedung BRI I, Jakarta, Rabu (14/8).

BRI pun memandang kericuhan Hong Kong yang memberikan dampak bagi kondisi keuangan global, belum akan memberikan sentimen negatif ke para pelaku pasar di Indonesia. Namun, Suprajarto mengatakan pihaknya akan terus memantau perkembangan kerusuhan Hong Kong.

"Tapi kita akan terus monitor seberapa jauh, karena kerusuhan Hong Kong itu juga sudah berkepanjangan," ujar Suprajarto.

Demonstrasi di Hong Kong telah terjadi sejak awal Juni 2019. Warga Hong Kong berunjuk rasa menolak pengesahan Undang-Undang yang membolehkan ekstradisi warga Hong Kong ke China.

Sebelumnya, pada Jumat (9/8) lalu, pengunjuk rasa menduduki Bandara Internasional Hong Kong. Protes itu berlanjut hingga hari Senin (12/8). Namun, pada Selasa (13/8), bandara kembali dibuka.

Pemimpin Hong Kong, Carrie Lam pun tetap menolak menyerah dan mengundurkan diri dari jabatannya. Carrie pun terus mendapatkan dukungan dari otoritas Beijing terhadap pemerintahannya.