logo alinea.id logo alinea.id

BRI siap terbitkan obligasi pada Oktober

BRI tengah menunggu rating oleh lembaga Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) untuk menerbitkan obligasi

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 14 Agst 2019 13:50 WIB
BRI siap terbitkan obligasi pada Oktober

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) berencana menerbitkan obligasi pada Oktober 2019. Obligasi tersebut rencananya akan berdenominasi rupiah hingga Rp6 triliun.

Direktur Keuangan BRI Haru Koesmahargyo mengatakan rencana penerbitan obligasi ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) dengan total Rp20 triliun dengan jangka waktu penerbitan tiga tahun.

"Obligasi rencananya akan issue Oktober 2019 dan prosesnya masih berjenjang. Saat ini kita masih menunggu rating," ujar Haru di gedung BRI I, Jakarta, Rabu (14/8).

Haru mengatakan pihaknya tengah menunggu rating oleh lembaga Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Selain itu, BRI juga tengah menunggu izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang diperkirakan akan terbit pada bulan September 2019.

"Semoga obligasinya bisa issue segera di Oktober 2019," tutur Haru.

Penerbitan obligasi ini, kata Haru, dilakukan untuk menjaga likuiditas perseroan agar tetap terjaga. Untuk diketahui, rasio pembiayaan terhadap pendanaan atau loan to deposit ratio (LDR) semester I-2019 ini berada pada level 94%.

Sebelumnya, emiten perbankan plat merah ini menerbitkan surat utang berkelanjutan global (sustainability global bond) berdenominasi mata uang dolar Amerika Serikat senilai US$500 juta pada 28 Maret 2019 lalu. 

Sustainability global bond tersebut dicatatkan di Bursa Efek Singapura dan memiliki kupon sebesar 3,95% yang akan jatuh tempo pada tahun 2024.
 

Sponsored