sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BUMN gelar upacara kemerdekaan di Kementerian BUMN

Kegiatan upacara itu, rutin diadakan setiap tahunnya. Selain itu, juga akan memberikan bantuan melalui program CSR.

Achmad Al Fiqri
Achmad Al Fiqri Sabtu, 17 Agst 2019 13:05 WIB
BUMN gelar upacara kemerdekaan di Kementerian BUMN
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 257388
Dirawat 58788
Meninggal 9977
Sembuh 187958

Enam Badan Usaha Milik Negara yang menjadi panitia rangkaian acara BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) di DKI Jakarta, yakni PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Petrokimia Gresik, Perum PPD, Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), dan PT Virama Karya (Persero), menggelar upacara dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-74 di halaman gedung Kementerian BUMN yang dipimpin langsung oleh Deputi Bidang Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata, Edwin Hidayat Abdullah.

Edwin mengatakan, kegiatan upacara itu, rutin diadakan setiap tahunnya. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan bantuan melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Menurutnya, program bantuan tersebut merupakan salah satu wujud BHUN.

"Jadi BHUN ini banyak sekali program, terutama tentang pemberdayaan masyarakat. Tahun lalu kita adakan program bedah rumah veteran, sekarang kita fokus pada pendidikan dan peribadatan. Jadi ini rangkaian yang terus kita jalankan setiap tahunnya," kata Edwin, saat ditemui di kantor BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8).

Senada dengan Edwin, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat mengatakan, kegiatan BHUN itu, merupakan program rutin yang terus dilakukan Kementerian BUMN. Pemberian BHUN tahun ini, melalui program CSR dan pemberian piagam kepada para peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

Dikatakan Aas, program itu ditujukan untuk menghadirkan aksi nyata Kementerian BUMN dalam rangka membangun kesejahteraan dan juga berperan dalam pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia.

PT Pupuk Indonesia (Persero) merupakan penanggung jawab program di DKI Jakarta. BUMN lainnya yang menjadi panitia, seperti PT Indra Karya (Persero), PT Petrokimia Gresik, Perum PPD, Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), dan PT Virama Karya (Persero).

"Program BHUN ini telah dilaksanakan secara berkesinambungan sejak  2015. Sebagai komitmen BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air Indonesia kepada seluruh masyarakat di seluruh pelosok Negeri," kata Aas.

Adapun CSR diberikan untuk pembangunan Panti Asuhan Yayasan Yatim Al-Abror Palmerah, Jakarta Barat, renovasi Musala Baiturrahman Sawah Besar, Jakarta Pusat, serta pembangunan MCK, sanitasi dan penyediaan air bersih di empat lokasi yang tersebar di kawasan Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Sponsored

Terkait pemberian piagam SMN asal Maluku, kata Aas, sebanyak 23 pelajar SMA sederajat dan Sekolah Luar Biasa (SLB) terpilih mewakili Provinsi Maluku dalam program itu. Nantinya, para pelajar tersebut akan mendapat wawasan mengenai pengenalan BUMN, budaya, bela negara, pemanfaatan teknologi, cinta lingkungan, dan edukasi lainnya guna memperkaya cinta bangsa dan tanah air. Kegiatan tersebut, berlangsung selama 10 hari ke depan.

Para siswa, telah menerima edukasi wawasan kebangsaan dan bela negara dari Paskhas 461 TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma pada dua hari yang lalu. Nantinya, ke 23 pelajar asal Maluku itu, akan diberikan wawasan pendidikan dengan mengunjungi salah satu sekolah unggulan di MH Thamrin Jakarta Pusat.

Mereka juga dibekali wawasan tentang entrepreneurship di Rumah Kreatif BUMN serta mengunjungi pabrik dan proyek BUMN yang ada di Jakarta. Selain itu, juga akan mengunjungi tempat bernilai sejarah seperti Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan menjajal perjalanan menggunakan moda transportasi MRT.

"Saya berharap, para siswa ini dapat mengenal daerah-daerah yang ada di Indonesia. Karena pelaksanaannya ini bukan hanya untuk siswa Maluku saja, ada banyak sekali. Nah kebetulan dalam acara ini ditunjuk siswa dari Maluku. Setiap BUMN ditugaskan untuk melaksanakan SMN," ujar Aas.

Berita Lainnya
×
img