sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bursa regional menguat, IHSG dibuka naik 0,30%

Optimisme bursa regional akan memberikan stimulus positif pada pergerakan IHSG.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 28 Mei 2020 09:11 WIB
Bursa regional menguat, IHSG dibuka naik 0,30%
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 64958
Dirawat 31798
Meninggal 3241
Sembuh 29919

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka naik 0,30% ke level 4.655 pada Kamis (28/5).

Tampaknya hal itu dipengaruhi oleh bursa AS yang ditutup menguat. Dow Jones ditutup naik 2,21%, Nasdaq ditutup naik 0,77%, dan S&P 500 ditutup naik 1,48%.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan bursa AS ditutup menguat akibat investor yang masih berfokus pada optimisme pembukaan kembali ekonomi di AS.

"Namun, Gubernur Bank Australia memberikan komentar bahwa ekonomi mungkin masih akan terus menurun. Namun tidak dengan kecepatan seperti sebelumnya," kata Dennies.

Dennies mengatakan, hal ini akan membuat investor lebih sensitif pada berita terkait eskalasi tensi antara AS dan China. Kemungkinan besar peningkatan saham, kata Dennies, hanya bersifat sementara terdorong oleh sentimen harga saham Wall Street yang terus meningkat.

Sementara Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan investor semakin optimis pada tanda-tanda pemulihan ekonomi di beberapa negara-negara maju setelah adanya pelonggaran lockdown, meskipun ketegangan antara AS dan China meningkat.

"Investor masih mengamati dengan seksama gesekan baru antara AS-China, termasuk kemungkinan sanksi atas tindakan keras China di Hongkong," ujar Lanjar.

Adapun optimisme bursa regional menurut lanjar akan memberikan stimulus positif pada pergerakan IHSG hari ini. Lanjar juga mengatakan dari dalam negeri, rencana pelonggaran pembatasan sosial berkala besar (PSBB) melalui kenormalan baru bisa mempengaruhi pergerakan indeks.
 

Sponsored
Berita Lainnya