sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Bursa regional menguat, IHSG dibuka naik 1,71%

investor domestik akan menanti keputusan Bank Indonesia (BI) terkait penetapan suku bunga.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 19 Mei 2020 09:23 WIB
Bursa regional menguat, IHSG dibuka naik 1,71%
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 29521
Dirawat 18308
Meninggal 1770
Sembuh 9443

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 1,71% ke level 4.588 pada Selasa (19/5). Sebelumnya bursa saham AS ditutup menguat. Dow Jones ditutup naik 3,85%, Nasdaq ditutup naik 2,44%, dan S&P 500 menguat 3,15%.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper mengatakan, bursa saham AS ditutup menguat menunjukkan optimisme atas vaksin coronavirus. Di mana Moderna telah menunjukkan adanya hasil yang menjanjikan pada permulaan tesnya.

"Namun, investor masih tetap waspada. Sebab, kasus Covid-19 saat ini terus meningkat dan ditakuti dapat memulai gelombang kedua," ujar Dennies.

Selain itu, investor juga menanti komitmen dari The Fed untuk menjaga pasar agar tetap berfungsi seperti normal.

Adapun bursa saham di Asia dibuka menguat atas harapan vaksin coronavirus ditemukan. Selain itu, komitmen dari Presiden China Xi Jinping untuk memberikan US$2 miliar kepada negara yang terkena dampak Covid-19 di seluruh dunia menjadi sentimen positif bursa saham Asia pagi ini.

Sementara itu analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan, IHSG akan mendapat sentimen positif dari penguatan bursa regional ditengah harapan pemulihan ekonomi.

"Meski demikian, aksi jual investor asing masih dapat berlangsung menjelang libur hari raya," tuturnya.

Dari dalam negeri, investor domestik akan menanti keputusan Bank Indonesia (BI) terkait penetapan suku bunga. Konsensus memperkirakan BI akan menurunkan suku bunga sebanyak 25 basis poin ke level 4.25%.

Sponsored

"Selain itu hasil laporan kinerja kuartal satu serta pembagian dividen juga turut menjadi sentimen penggerak pasar hari ini," katanya.

Berita Lainnya